Cara Mudah Membuat Studio Shooting Kecil Keren Untuk Vlog Di Rumah

TERBARU! BALI UNITED FM AKAN BUAT SEMETON LEBIH DEKAT DENGAN BALI UNITED | Bali  United Official Website

Belakangan ini, vlog atau video di YouTube yang dibuat sebagai tutorial atau review tengah menjadi hype tersendiri. Apakah kamu salah satunya yang gemar menonton vlog? Atau malah justru ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah?  Kenapa tidak?

Sejatinya, hal paling mendasar untuk membuat video YouTube hanya ada 2 yaitu produksi dan editing. Untuk produksi dibutukan kamera, lighting, setting, dan audio. Sedangkan editing adalah bagaimana kamu mengeditnya sehingga apa yang telah dibuat menarik dan enak ditonton. Tetapi yang akan dibahas disini hanya produksinya saja, termasuk bagaimana cara membuat studio shooting yang keren untuk vlog.

Bicara soal studio, ini menjadi salah satu faktor pemikat yang membuat netizen betah menonton vlog. Tidak perlu take di sewa studio foto di Jakarta barat, karena kamu sebenarnya bisa membuat studio kecil sendiri di rumah, kebanyakan vlogger juga melakukan hal yang sama. Lalu bagaimana cara membuatnya? Cara mudah membuat studio shooting kecil keren untuk vlog di rumah, diantaranya yaitu : 

  • Memilih Sudut Yang Bagus Untuk Vlog

Pertama tama pilih salah satu sudut mana yang sekiranya bagus dan cocok dengan tema vlog kamu. Setelah itu, kamu tinggal menatanya semirip mungkin dengan studio professional lengkap dengan letak lighting (ini merupakan rahasia terbesar), kamera, dan mikrofon.

Salah satu rahasia set up studio yang layak kamu tiru adalah milik Sean Cannell dari Think Media TV. Membahas seputar teknologi serta tips social media, Sean Cannell yang terkenal dengan gaya video yang simple and clean ini namun tetap memberikan kesan yang nyaman seperti di rumah.

  • Background

Setting studio shooting vlog tidak terlepas dari background, apalagi jika kamu memilih membuat video, dimana kamu harus duduk diam dan berbicara panjang lebar (biasanya pada video tutorioal make up). Sebaiknya menggunakan background polos atau penuh barang barang?

Meski ada beberapa vlogger yang memilih setting “ramai” seperti Casey Neistat dengan background penuh barang tetapi kebanyakannya lebih memilih setting clean yang memberikan kesan professional.

Sebagai catatan, harus berhati hati menggunakan backdrop putih polos karena lebih tricky terhadap lighting terang. Jika tidak pas justru bisa membuat kamu tampak pucat atau over lighting.

  • Lighting

Lighting juga sangat penting, karena ini menjadi rahasia dibalik mulusnya penampilan vlogger, dan hasil video akan tampak seperti buatan studio professional. Penggunaan lighting untuk vlog ini terdiri dari dua cara yaitu pencahayaan natural dan menggunakan lampu.

Sumber pencahayaan natural tentunya bisa digunakan untuk rekaman outdoor tetapi tidak disarankan untuk indoor. Cukup gunakan lampu studio dan memanfaatkan natural lighting sebagai filter saja. Rumus penataan lampu untuk studio shooting vlog Yang bisa di pesan melalui No. WA 0878-8001-1465. sama dengan dunia fotografi yaitu main, fill, dan background.

Penggunaan main dan fill light akan membuat wajahmu tampak clean natural. Pasalnya main light akan menimbulkan bayangan pada wajah sehingga tidak flat dan diperlembut dengan fill light.

Ketiga lampu tersebut bisa kamu kreasikan posisi dan jumlahnya untuk mendapatkan hasil yang berbeda. Contohnya, kamu bisa menambahkan lampu lagi untuk menerangi bagian rambut supata tidak tampat menyatu dengan background.

Itulah cara mudah membuat studio shooting kecil keren untuk vlog di rumah. Bagaimana, apa kamu sudah siap membuat vlog sendiri di rumah? Kamu juga bisa melihat vlog dari YouTuber lain yang lebih berpengalaman sebagai referensi membuat video yang enak dilihat dan membuat netizen mau subscribe channel milikmu.